Pertanyaan pemantik
Apakah kamu pernah menedengan cerita rakyat di sekitar rumahmu?
Kalau iya, apa yang bisa kamu dapat dari cerita tersebut?
Yuk kita simak video kali ini!
Pada tahap ini siswa Dalam tahap eksplorasi konsep, siswa akan diminta untuk membaca materi terlebih dahulu. kegiatan ini bertujuan untuk siswa untuk memperdalam atau menguatkan dan menemukenali konsep materi teks hikayat.
Dalam ruang kolaborasi, siswa diminta untuk berkolaborasi dengan siswa lain dalam kegiatan kelompok. Dalam kegiatan ini siswa diberikan dibagi menjadi bberapa kelompok untuk berdiskusi mencari teks hikayat lalu menganalisis unsur kebahasaannya. Kegiatan ini dilakukan bersama kelompok melalui aplikasi padlet. Setelah diskusi dan presentasi guru memberikan penguatan dan umpan balik dalm berupa komentar di padlet.
Dalam ruang kolaborasi, siswa diminta untuk berkolaborasi dengan siswa lain dalam kegiatan kelompok. Dalam kegiatan ini siswa diberikan dibagi menjadi bberapa kelompok untuk berdiskusi mencari teks hikayat lalu menganalisis unsur kebahasaannya. Kegiatan ini dilakukan bersama kelompok melalui aplikasi padlet. Setelah diskusi dan presentasi guru memberikan penguatan dan umpan balik dalm berupa komentar di padlet.
Dalam ruang kolaborasi, siswa diminta untuk berkolaborasi dengan siswa lain dalam kegiatan kelompok. Dalam kegiatan ini siswa diberikan dibagi menjadi bberapa kelompok untuk berdiskusi mencari teks hikayat lalu menganalisis unsur kebahasaannya. Kegiatan ini dilakukan bersama kelompok melalui aplikasi padlet. Setelah diskusi dan presentasi guru memberikan penguatan dan umpan balik dalm berupa komentar di padlet.
Dalam demonstrasi kontekstual, siswa diminta untuk menganalisis teks laporan hasil observasi yang sudah mereka temukan bersama kelompok lalu di unggah di padlet yang sudah disedikana oleh guru.
Siswa akan diajak untuk berdiskusi bersama guru. Dalam kegiatan ini, siswa diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dari materi yang belum dipahami untuk mendapatkan pemahaman yang utuh dari materi yang dipelajarinya.
Siswa diminta untuk kuis mengenai materi pengertian, ciri-ciri, unsur kebahasaan dan struktur teks laporan hasil observasi berbantuan aplikasi wordwall. Kegiatan ini untuk menegtahui pemahaman siswa mengenai materi yag sudah dipelajari dari teks laporan hasil observasi.
Siswa mendapatkan proyek untuk bisa menghasilkan karya teks laporan hasil observasi dalam bentuk teks, poster ataupun video.